Amalan-Amalan Rasulullah pada 10 hari terakhir Ramadhan

Penulis : Ita Melisa

Assalamualaikum warrahmatullahi wabarakatuh sahabat fillah…

Tak terasa, Bulan penuh berkah akan segera berlalu dan pergi meninggalkan kita…

Btw, gimana Ibadah puasa nya ? Aman ? Semoga aman dan segala amal ibadah yang kita kerjakan menjadi berkah lalu dipertemukan kembali dengan Ramadhan berikutnya. Aamiin

Sahabat fillah…

Kira-kira amalan apa aja ya yang dilakukan oleh Rasulullah pada 10 hari terakhir Ramadhan ? ?  Yuk simak selanjutnya…

1. Quyamul Lail (Sholat Malam)

     Dari Abu Hurairah Radhiyallahu anhu, ia berkata, “Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam menganjurkan shalat malam pada bulan Ramadhan tanpa memberi perintah yang mewajibkan.

Lalu beliau bersabda:

 مَنْ قَامَ رَمَضَانَ إِيْمَانًا وَاحْتِسَابًا غُفِرَ لَهُ مَا تَقَدَّمَ مِنْ ذَنْبِهِ.

“Barangsiapa shalat malam pada bulan Ramadhan dengan keimanan dan mengharapkan pahala dari Allah, niscaya diampunilah dosa-dosanya yang telah lampau.”

2. Membaca Al-Qur’an

     Pada malam-malam tersebut, Rasulullah SAW menganjurkan untuk memperbanyak zikir dan membaca Al-Qur’an. Dikatakan Imam As-Syafi’i, Rasulullah SAW selalu mengkhatamkan Al-Qur’an minimal dua kali pada bulan Ramadhan. Menurut Imam Nawawi, membaca Al-Qur’an di 10 hari terakhir bulan Ramadan lebih baik dilakukan di akhir malam ketimbang awal malam. Dan membaca Al-Qur’an yang paling baik adalah selepas shalat subuh.

3. Itikaf

    I’tikaf merupakan kegiatan berdiam di dalam masjid dengan maksud mendekatkan diri kepada Allah SWT. Menurut para Ulama, Rasulullah SAW selalu rutin ber-itikaf di 10 hari terakhir Ramadhan. Pelaksanaan itikaf ini diisi dengan ibadah lainnya seperti zikir, membaca Al-Qur’an, istighfar, bersholawat, serta memperbanyak doa dan tafakkur.

Namun kali ini cara tersebut bisa kita lakukan #dirumahaja selama pandemi belum berakhir.

Itulah beberapa amalan penting di 10 hari terakhir bulan Ramadan. Marilah kita manfaatkan, karena detik-detik 10 malam terakhir amatlah mahal, janganlah dimurahkan dengan kelalaian. Mari kita giatkan beribadah baik di masjid maupun di rumah, dan sisipkanlah doa dalam munajatmu untuk bangsa Indonesia agar pandemi Covid-19 segera berakhir. Aamiin

Yuk, manfaatkan momen di rumah saja untuk meningkatkan amalan dan ibadah serta menyebarkan kebaikan!