Kiat Kiat Menjaga Halafan Al Qur’an

Penulis : Muhammad Iqbal Sholahuddin

Bismillahirramanirrahim

Alhamdulillahirabil’alamin, segala puji bagi allah SWT tuhan semesta alam yang telah memberikan kita pada hari ini kesehatan jasmani maupun rohani sehingga kita masih bisa menjalankan ibadah puasa hingga hari ini. shalawat serta salam kita haturkan kepada nabi muhammad SAW yang telah mendakwahkan islam kepada dunia, sehingga kita dapat merasakan sejuknya islam dan juga manisnya iman. Insya Allah

Saat ini indonesia sedang di landa musibah pandemi Covid -19 yang mana mengharuskan kita di rumah aja demi memutus rantai Covid-19. Pada masa pandemi seperti ini tentunya banyak waktu luang yang bisa kita gunakan agar lebih berkualitas.

Tapi apakah waktu luang saat ini telah kita gunakan dengan sebaik mungkin??

Sebaiknya Kita bisa menggunakan waktu luang pandemi Covid-19 ini dengan hal-hal yang bermanfaat yakni dengan meningkatkan ibadah, ikut pengajian online , menghafal Al-Qur’an , membaca buku, berolahraga, berkumpul bersama keluarga, dan hal-hal lainnya.

Hari demi hari telah terlewati dan tak terasa Ramadhan sudah memasuki hari ke-17 . telah kita rasakan bersama Ramadahan kali ini begitu berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya karena berada ditengah wabah Covid-19.

Kira-kira kenapa ya kok bisa terasa lebih berbeda ?

Yaa, karena biasanya kita melaksanakan sholat 5 waktu bahkan tadarus Al-Qur’an di masjid tapi untuk saat ini hanya bisa melaksanakannya dirumah aja. Semua ini kita lakukan semata mata demi menjaga kesehatan untuk diri sendiri maupun orang lain.

Dengan adanya pandemi Covid-19 ini mengharuskan bagi laki laki untuk menjadi imam sholat dirumah masing-masing dan tak sedikit dari kita yang hanya membaca surah 3 Qul disetiap sholatnya. memang tak menjadi masalah tapi lebih baiknya kita menambahkan “ variasi “ dengan surah surah lainnya.

Disini muncullah masalah, sering kali kita menghafal Ayat suci Al-Qur’an tapi dua hari kemudian kita telah lupa apa yang kita hafal. Nah, hal ini perlu menjadi bahan evaluasi kita bersama karena tidak semua orang memiliki hafalan yang kuat tapi disamping itu tetap bisa di usahakan agar hafalan tetap terjaga.

Kira-kira gimana ya caranya agar halafan tetap terjaga ??

Yuk simak kiat-kiat berikut ini . . .

 Konsisten

kenapa harus konsisten ?

Demi menjaga hafalan Al Qur’an dengan konsisten kita mudah berusaha dan menghindarkan rasa malas untuk selalu menghafalkan kembali ayat ayat Al Qur’an tersebut.

Menyediakan waktu

Kenapa perlunya menyediakan waktu luang untuk hafalan ?

karena kita membutuhkan konsentrasi dalam membaca dan menghafalkan ayat ayat Al Qur’an yang telah kita hafalkan sebelumnya.

Perbanyak membaca Al Qur’an

Point ini sangat penting karena merupakan awal kita untuk mulai menghafal Al Qur’an. Karena tidak akan tiba tiba bisa hafal tanpa membaca Al-Qur’an tentunya harus di barengi dengan membaca terlebih dahulu.

Membaca dalam sholat

Kiat ini di lakukan supaya hafalan kita tetap terjaga dan tidak mudah lupa karena apa yang kita baca secara berulang-ulang  akan terasa lebih melekat pada pikiran kita.

Menghindari maksiat atau sifat tercela

Imam Syafii pernah bercerita kepada gurunya tentang susahnya menghafal. Lalu gurunya menasehatinya untuk menjauhi maksiat. Karena ilmu adalah cahaya, dan cahaya Allah tidak diberikan kepada orang yang bermaksiat. Kiat ini harus sangat diperhatikan karena maksiat yang telah kita lakukan akan sangat berpengaruh terhadap hafalan kita karena hati terkunci untuk menerima hafalan.

Semoga Allah SWT senantiasa menjaga hafalan kita semua dan juga mendapatkan keberkahan bagi diri kita sendiri maupun orang lain. Aamiin.

1 tanggapan pada “Kiat Kiat Menjaga Halafan Al Qur’an”

Komentar ditutup.