Berbenah Diri Dibulan Ramadhan

Penulis : Annisa Ramadhana

Bulan Ramadhan adalah bulan yang penuh keberkahan. Diantara keberkahannya adalah mengajak umat islam untuk melakukan perubahan hidup untuk menjadi lebih baik. Sebuah keberuntungan bagi kita mendapatkan kesempatan untuk kembali bertemu dengan bulan Ramadhan.

Meski berada ditengah Pandemi Covid-19 tak menyudutkan niat kita untuk tetap semangat meraih keberkahan dan perlunya menyadari untuk melakukan perubahan diri dari suatu kondisi ke kondisi yang lebih baik.

Apa aja sih yang perlu diperhatikan ketika hendak melakukan sebuah perubahan diri ??

Membenahi Motivasi

Motivasi ini dalam istilah agama lebih dikenal dengan niat. Niat melakukan perubahan hanya karena Allah.

Kesadaran perubahan muncul dari diri sendiri

Karena Allah menegaskan dalam kalam-Nya, yang artinya :

“ Sesungguhnya Allah tidak akan mengubah sebuah kaum kecuali mereka mengubah (mulai) dari diri mereka sendiri “ (ar-Ra’d: 11)

Sadar atas sebab dan akibat

Ketika seseorang hendak melakukan perubahan, ia harus sadar dengan berbagai resiko yang akan dihapai. Dengan menyadari sebab akibat, seseorang akan lebih siap mengahadapi berbagai ujian.

Selalu berusaha untuk menjadi yang terbaik

Sebuah perubahan akan membawa effek yang signifikan, apabila bisa diikuti untuk selalu berusaha menjadi yang terbaik.

Kenali potensi diri dan jangan lemah

Sebuah perubahan akan gagal, karena tidak memahami dengan benar potensi yang dimiliki.

Mobilisasi dan keseriusan

Sebuah perubahan membutuhkan gerak yang terus menerus dan serius, jika tanpa gerak yang serius maka sebuah perubahan akan gagal.

Berkerja sama dalam sebuah komitmen.

Dengan kerja sama yang solid dan tulus sebuah perubahan akan melahirkan hasil yang maksimal.

Bagi seorang mukmin, perbuatan menuju perubahan yang dilakukan harus sesuai dengan tuntunan syara’ untuk meraih ridho Sang Rabb, Pencipta Alam Semesta. Karena itu, Allah memberikan berbagi kemuliaan dibulan Ramadhan agar manusia menyadari keluasan Rahmat Allah.

Demikian beberapa hal yang bisa membantu agar perubahan yang dilakukan bisa sukses. Berada di tengan pandemic Covid-19 dan Bulan Ramadhan akan memberikan kekuatan positif terhadap perubahan yang kita inginkan. Semoga Allah memberikan pertolongan kepada kita untuk selalu melakukan perubahan diri yang baik menuju yang lebih baik.

So,Perubahan apakah yang telah kamu lakukan dibulan Ramadhan??

Editor : Rama Safitri