TIPS AGAR MENCINTAI AL-QUR’AN

Penulis : Riza Najamuddin

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh Ikwan wa Akhwati Fillah…

Alhamdulilah segala puji kita haturkan kehadirat Allah yang Maha Kuasa. Karena berkat hidayahNya lah kita masih dipertemukan dengan bulan Ramadhan yang penuh barokah ini. Pada bulan inilah Al-Qur’an diturunkannya dan syahrul Mubarak penghapus dosa.

Sadarkah kita bahwa saat ini kita dihadapkan dengan era kenyamanan yang lebih luas bahkan kita lebih sering ngescroll Instagram , Facebook , Twitter bahkan nonton Drama seharian dan membuat kita melupakan Al-Qur’an.

Sebagaimana telah kita ketahui bahwa membaca Al-Qur’an pahalanya lebih besar dibandingkan menonton Drama seharian. Saat ini kita tidak akan bisa lepas dari kecanduan gadget maupun internet dan hampir setiap saat gadget akan terus hangat ditangan kita.

Berada di era gaya hidup society 4.0 manusia mulai bergantung pada teknologi informasi dalam berbagai jenis aspek pekerjaan, karena pada zaman dulu untuk memenuhi kebutuhan pagan saja harus berburu terlebih dahulu dan bahkan puluhan tahun lalu manusia masih sibuk dengan situasi perang yang terus terjadi. saat ini, hanya dengan rebahan saja kita bisa mendapatkan segala jenis makanan yang kita inginkan. Walau segala kecanggihan telah hadir dikehidupan kita jangan sampai membuat kita melupakan kehidupan akhirat.

Di bulan Ramadhan ini adalah momen yang tepat untuk kembali meraih hidayah, momen dimana Al-Qur’an diturunkan sebagaimana pedoman hidup manusia.

Sama halnya seperti seorang mahasiswa yang menyukai salah satu mata kuliah , ia akan terus semangat dan berusaha  mempelajari demi mencapai apa yang diinginkan. Bahkan dalam menyelesaikan tugas ia akan selalu merasakan kemudahan dan begitu sebaliknya. Maka dari itu, perlu kita ketahui bahwa betapa pentingnya kita Mencintai Al-Qur’an.

Mengapa kita perlu mencintai Al-Qur’an? Dan gimana sih caranya ?

Yuk Simak tips-tips agar selalu dekat dengan dengan Al-Qur’an bahkan mecintainya.

  1. Berdoa kepada Allah agar diberi karunia kecintaan kepada Al-Qur’an agar kita bisa mencintainya.
  2. Menambah ilmu yaitu berusaha mempelajari menghafal dan mengamalkannya sedikit demi sedikit.

Sebagaimana disebutkan dalam hadits shahih yang diriwayatkan dari jalan sahabat ‘Utsman bin ‘Affan Radhiyallahu ‘anhu, beliau Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda :  خَيْرُكُمْ مَنْ تَعَلَّمَ الْقُرْآنَ وَعَلَّمَهُ  “Sebaik-baik kalian adalah orang yang mempelajari al Qur`an dan mengajarkanya”.

  1. Mengajak teman untuk membaca dan menghafal Al-Qur’an karena dengan bersama-sama kita lebih mudah untuk mempelajari bahkan menghafalnya.
  2. Bersabar dalam 3 hal yaitu, sabar dalam melaksanakan kebaikan, sabar dalam menjauhi larangan, sabar dalam menerima takdir yang Allah berikan.

Dalam keadaan saat ini, semoga kita dapat meraih kembali hidayah dengan mencintai Al-Qur’an sebagai sumber ketakwaan, yang mampu mengiasi kehidupan sehari-hari.

Wassalamualaikum warahmatullah wabarakatuh

Editor : Rama Safitri