MINGGU KEDUA RAMADHAN, LEJITKAN DIRI DI TENGAH WABAH !

up

Penulis : Annisa Ramadhana

Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Marhaban Ya Ramadhan, Alhamdulillah kita kembali bertemu dengan bulan Ramadhan, hal ini berarti Allah memberikan kita kesempatan lagi untuk meraih ketakwaan.

Saat kesempatan itu hadir kembali, akankah kita diam saja? atau menghindar dari kesempatan? atau justru kita mengoptimalkan kesempatan itu? Ya, tentu jawaban Muslim Milenial adalah meraih kesempatan itu dengan optimal meskipun kita berada di tengah wabah.

Untuk melejitkan diri di tengah wabah tanpa menyia-nyiakan bulan Ramadhan, maka muslim milenial harus senantiasa berpikir tentang :


1. COVID-19 merupakan qadha dari Allah SWT

Wabah ini adalah Qadha dari Allah SWT yang memiliki pesan cinta bahwa betapa lemahnya manusia sehingga ia semakin bergantung pada Allah swt.

2. Menggunakan waktu hanya untuk aktivitas yang Allah ridhoi.

Sehingga aktivitas wajib (seperti shalat fardhu dan puasa ramadhan) akan senantiasa diusahakan dengan tekad yang kuat. Begitupun dengan perkara sunnah dilakukannya tanpa melupakan langkah penanggulangan wabah.

3. Merasa butuh akan ilmu Islam maupun Sains.

Wabah seharusnya menjadikan seorang muslim ini butuh akan solusi hakiki atas berbagai permasalahan hidup. Bahkan menjadikannya butuh menguasai ilmu teknologi. Maka momen #dirumahaja ini akan ia gunakan untuk mencari ilmu dengan optimal. Ia tetap ngaji Islam dan belajar walupun secara online.

Nah, ketiga perkara tersebut akan berusaha direalisasikan oleh Muslim Milenial yang sholih/ah. Karena ia yakin bahwa segala perkara yang dilakukannya akan dihisab oleh Allah swt. Maka baginya, wabah takan melemahkan ibadahnya kepada Rabbnya. Justru wabah menjadi perkara baru, yang menyatakan bahwa keimanannya terhadap Rabbnya tetap teguh dalam berbagai situasi.

Wallahu’alam.

Editor : Shafa Nurul Fadhillah