Lima Berkah Ramadhan yang Sayang untuk Dilewatkan

Penulis : Annisa Ramadhana

Editor : Shafa Nurul Fadhillah

Hai, ikhwan wa akhwati fillah! Bagaimana perasaanmu ketika Ramadhan datang? Bahagia bukan? Alhamdulillah, kali ini kita masih diizinkan Allah SWT untuk berjumpa dengan Ramadhan walaupun dengan nikmat yang berbeda, yang mana seharusnya membuat kita lebih bersyukur karena mempunyai banyak waktu untuk beribadah.

Bulan Ramadhan sungguh bulan yang mulia, penuh keberkahan. Bulan Ramadhan diisi dengan perintah puasa. Puasa di bulan Ramadhan merupakan perintah Allah SWT sebagaimana firman Allah SWT dalam QS. Al-Baqarah (2) ayat 183:

“Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu agar kamu bertakwa.”

Selain berpuasa di bulan Ramadhan, tentunya masih banyak keberkahan yang ada di dalam bulan Ramadhan. Hmm, apa saja keberkahan di bulan Ramadhan? Apakah kamu siap untuk meraih keberkahan itu? Yuk simak poin-poin berikut ini :

  • Pintu Kebaikan Dimudahkan di Bulan Ramadhan

Terbukanya pintu surga di bulan ramadhan tidak lain karena Allah SWT memudahkan berbagai ketaatan pada hamba-Nya seperti puasa dan shalat malam. Hal ini berbeda dengan bulan-bulan lainnya. Pada bulan Ramadhan, orang-orang akan lebih sibuk melakukan kebaikan daripada melakukan maksiat. Begitu baik Allah SWT memberikan hidayah ke semua hamba-Nya agar selalu berada dijalan yang diridhoi oleh-Nya. Allah SWT ketuk hati hamba-Nya agar tidak menyia-nyiakan waktu ini untuk melakukan kebaikan, shalat lima waktu berjamaah bersama keluarga, shalat tarawih dan shalat malam, dan membuat hamba-Nya merindu dengan Alquran. Sungguh luar biasa barokah bulan ini karena Allah mudahkan hamba-Nya menjalankan kebaikan. Selalu bersyukur ya kawanku.

  • Doa-doa Diijabah dan Pengampunan Dosa

Nikmat atau berkah berpuasa selanjutnya yaitu doa yang mustajab. Beberapa waktu mustajab sebuah doa di antaranya ketika sedang sahur, berpuasa, dan saat menjelang berbuka. Nikmat yang luar biasa diberikan Allah SWT untuk seorang hamba bermunajat kepada-Nya dan Allah SWT selalu mengabulkan doa-doa hamba-Nya. Serta memohon ampunan kepada Allah SWT atas segala maksiat yang telah kita lakukan.

  • Lailatul Qadr

Siapa yang tak ingin mendapatkan lailatul qadr. Lailatul qadr, malam yang lebih baik daripada seribu bulan. Berkah ini hanya tersedia di bulan Ramadhan. Rugi rasanya jika menyia-nyiakan bulan mulia ini. Oleh karena itu, yuk jaga semangat beribadah di bulan ini, semoga Allah SWI meridhoi kita mendapatkan lailatul qadr.

  • Keadaan yang Semestinya Selepas Ramadhan

Setelah kita mengetahui beberapa amalan di bulan Ramadhan yang bisa menghapuskan dosa, juga pintu kebaikan  dimudahkan, maka keadaan seseorang selepas ramadhan seharusnya dalam keadaan seperti bayi yang baru dilahirkan oleh ibunya, yaitu bersih dari dosa. Namun hal ini dengan syarat, seseorang haruslah bertaubat dari dosa besar yang pernah ia terjerumus di dalamnya, dia bertaubat dengan penuh rasa penyesalan dan besungguh-sungguh tidak melakukan perbuatan itu lagi.

  • Termotivasi Menjaga Amalan Kebaikan

Pada bulan Ramadhan, semua orang berlomba-lomba dalam kebaikan. Hal ini, merupakan nikmat yang besar dari Allah SWT karena kita termotivasi untuk terus melakukan amalan kebaikan semata-mata hanya karena Allah SWT. Tak terkecuali menjadi termotivasi karena telah diberi nikmat berada dalam majelis ilmu, dibersamakan dengan orang-orang shalih, serta orang-orang yang menyeru amar ma’ruf nahi munkar. Suasana ini menjadikan kita untuk terus menjaga amalan-amalan kebaikan selama bulan Ramadhan. Namun, ketika bulan Ramadhan usai, diharapkan setiap insan tertap menjaga amalan rutin di bulan Ramadhan dan menjadi pribadi yang lebih baik karena dia sudah ditempa di madrasah Ramadhan. Amalan-amalan rutin tadi senantiasa tetap dijaga, atau bahkan akan lebih baik untuk ditingkatkan dan disempurnakan.

Ikhwan wa akhwati fillah mau dapet keberkahan yang mana aja nih? Atau menurut sobat, ada berkah lain yang ada di bulan Ramadhan? Yuk, sharing di kolom komentar. Semoga Allah SWT menjadikan Ramadhan kita di tahun ini lebih bermakna dari yang sebelumnya dan semoga kita senantiasa mendapatkan barokah bulan suci ini. Aamiin. Aamiin. Aamiin Ya Rabbal ‘Alamiin.