Ramadhan di tengah pandemi? Ngga seburuk itu kok!


Bismillahirrahmanirrohim
Tak terasa tamu istimewa yang telah lama dirindukan menemui kita

Selamat datang Bulan Ramadhan tamu istimewa yang dinanti-nantikan umat muslim di seluruh dunia. Pada bulan ini nafasmu menjadi tasbih, tidurmu menjadi ibadah, amal-amalanmu diterima dan doa-doamu diijabah. Bermohonlah kepada Allah dengan hati yang tulus dan hati yang suci agar Allah mengampuni kita.

Telah lama merindu dan sejak lama dinantikan. Tak hanya sekedar menanti dia bertamu perlunya mempersiapkan diri agar ibadah yang kita lakukan lebih berkah dan tak sia-sia. Puasa tak hanya menahan lapar dan dahaga saja namun hendaknya menahan anggota badan lainnya dari perbuatan maksiat.

Bulan Ramadhan kali ini akan terasa lebih berbeda dengan sebelumnya karena berada di pandemi COVID-19 dan membuat kita berdiam diri di rumah aja. Meskipun begitu, tak menyudutkan niat kita untuk selalu meningkatkan ibadah dan meraih ridho ilahi.

Namun, perlu kita ketahui akan selalu ada hikmah yang kita dapatkan dari setiap musibah selagi kita mau berusaha dan sabar.

Tidak ada sesuatu musibah pun yang menimpa (seseorang) kecuali dengan izin Allâh; barang siapa yang beriman kepada Allâh, niscaya Dia akan memberi petunjuk ke (dalam) hatinya. Dan Allâh Maha Mengetahui segala sesuatu.” (Qs at-Taghâbun/64:11).

Ramadhan di tengah pandemi mungkin terdengar menyeramkan. Namun. Perlu diketahui bahwa setiap yang Allah tetapkan, pasti ada hal baiknya juga. Kadang,  sebagai manusia kita lupa kalau sebaik-baik perencana adalah Allah SWT. Beberapa hikmah dari makhluk Allah yang bernama coronavirus :

  1. Membuat ibadah menjadi lebih khusyu.
  2. Menjauhkan diri dari  hal-hal yang tidak bermanfaat
  3. Membangun kebersamaan keluarga.
  4. Meningkatkan kualitas ibadah.
  5. Mengurangi interaksi dengan yang bukan mahram.
  6. Menjauhkan diri dari godaan bergosip.

Setiap musibah yang kita alami, tentunya akan ada hikmah yang dapat  dipetik ketika kita berpikir positif. Mengajarkan kita pentingnya menjaga kebersihan diri dan menjaga pola makan agar terhindar dari coronavirus. Polusi udara menjadi lebih baik karena masyarakat setempat berdiam diri didalam rumah. Tentunya masih banyak lagi hikmah lainnya yang dapat kita petik. Itulah sebagian kecil hikmah yang dapat kita petik dari pandemi bencana COVID-19. 

So, sudah siapkah kamu untuk meraih pahala sebanyak-banyaknya di bulan Ramadhan ?

Editor   : Shafa Nurul Fadhillah